Menentukan niche atau peluang yang bisa kita bidik dalam bisnis online bisa dibilang gampang-gampang susah. Perlu sebuah riset baik besar maupun kecil. Semakin banyak bereksperimen, maka semakin besar kemungkinan kita untuk sukses. Tetapi jika tidak mempunyai banyak waktu atau tenaga, kita bisa meniru mereka yang sudah memiliki niche mapan, resikonya kita akan menjadi yang kedua atau bahkan tidak ada apa-apanya dibandingkan mereka. Untuk mengatasinya kita isi celah-celah yang masih kosong, atau menutupi semua kekurangan dari pesaing kita tersebut.

Tetapi jika ternyata celah itu hampir tidak ada, dan jikalau adapun kita tidak bisa mengisinya, cara yang teraman dan termudah adalah membidik niche yang lain. Tentu yang sudah kita kuasai medannya, dan kita suka dengan niche tersebut, walaupun kadang tidak berprospek baik untuk bisnis online, tetapi bermanfaat untuk umum. Manfaatnya, ketika niche ini sudah mapan, bisa kita pakai untuk mengembangkan atau mendongkrak niche-niche lain yang sudah banyak pesaingnya.

Bagi yang mempunyai banyak waktu tentu halangan-halangan seperti itu tidak menjadi masalah. Karena kita bisa membidik semua niche yang ada, asal kita mau bergerak untuk mencoba. Walaupun banyak pesaing, tetapi jika niche tersebut sangat besar peluangnya, jangan merasa kalah sebelum berperang. Memang benar kata orang bijak, mengukur kekuatan lawan dan berkaca dengan diri sendiri, tetapi setelah melihat lawan yang kuat jangan membuat nyali kita menjadi ciut, jika merasa sudah mantap, hadapi saja apa yang sudah ada.

Setelah kita memilih niche, lalu membangun pondasi, membangunnya tahap demi tahap, dan mengisinya dengan berbagai pernak-pernik, tibalah saatnya kita memasuki level yang lebih berat lagi, yaitu mengelola dan mempertahankan posisi kita dalam niche tersebut. Kenapa bisa dibilang berat? tentu kita ingat ketika pertama kali kita memilih niche, banyak yang ingin meniru, banyak rongrongan dari luar, dan sudah menjadi kewajiban kita untuk menepis semua tantangan tersebut jika tidak ingin mati disaat awal kita baru bisa melangkah.

Terakhir, kadang ada yang bertanya, tetapi sebenarnya ini pertanyaan orang malas, atau orang yang tidak mau mencoba, ia bertanya niche yang bagus itu apa? yang bagus adalah yang jika anda lakukan anda merasa senang, atau itu hobi anda. Atau anda merasa tertantang oleh sesuatu, yang untuk saat ini anda belum bisa atau bahkan belum tahu apa-apa. Atau yang tidak anda suka, tidak senang, bahkan sangat membencinya.